S2 Teknik Kelautan

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik Sekali

Website

-

gambar-prodi

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 99/E/O/2021, telah dibuka Program Studi Teknik Kelautan Program Magister di Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan. Program Studi inii telah berstatus terakreditasi dengan BAIK melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1772/SK/BAN-PT/PB-PS/M/III/2022 tentang peringkat akreditasi Program Studi Teknik Kelautan pada Program Magister Universitas Hang Tuah Surabaya. Penciri program studi ini adalah teknologi pemanfaatan sumber daya laut dan lingkungan.

 

Program Studi Magister Teknik Kelautan (Strata 2) memiliki visi untuk menjadi penghasil lulusan yang menguasai bidang teknologi kelautan dengan misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknologi kelautan sesuai standar mutu nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian teknologi kelautan yang inovatif dan berkeunggulan kompetitif bertaraf nasional dan internasional.
  3. Menerapkan hasil penelitian teknologi kelautan kepada masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama berkesinambungan dengan instansi terkait di dalam dan luar negeri.
  5. Menyelenggarakan tata pamong dan tata kelola dengan baik.
Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

RPL PROGRAM MAGISTER - RPL Perolehan SKS

Reguler

5 Juni 2024 - 23 Agustus 2024

Biaya Daftar Gratis

RPL PROGRAM MAGISTER - RPL Transfer SKS

Reguler

5 Juni 2024 - 23 Agustus 2024

Biaya Daftar Gratis

REGULER - PMB Pascasarjana (S2)

Telah dibuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana (S2) pada Semester GASAL TA. 2024/2025 Gel-2 tanggal 13 Juli -  29 Agustus 2024NO. FAK         PROGRAM STUDI           1.  FH       ...

Reguler

13 Juli 2024 - 29 Agustus 2024

Biaya Daftar Rp. 500.000

Close

REGULER - PMB Pascasarjana (S2)

Telah dibuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana (S2) pada Semester GASAL TA. 2024/2025 Gel-2 tanggal 20 Mei -  11 Juni 2024NO. FAK         PROGRAM STUDI           1.  FH             S2-Hukum                       (Hukum Kesehatan, International...

Reguler

20 Mei 2024 - 12 Juli 2024

Biaya Daftar Rp. 500.000

Prospek Karir

  1. Engineer, mampu menguasai teknologi kelautan sesuai dengan prinsip-prinsip rekayasa (standard, code, rules, regulation dan recommended practice).
  2. Manager, mampu mengelola berbagai sumber daya kelautan dan lingkungan pesisir dengan menjunjung kaidah-kaidah etika dan moral.
  3. Academic/researcher, mampu berpikir ilmiah dan kritis dan berkarya di dunia akademik.
  4. Maritime Edupreneur, mampu berkontribusi secara mandiri dan aktif dalam kegiatan pekerjaan di sektor kemaritiman dan kelautan.

Materi Pembelajaran

Struktur kurikulum Program Studi Magister Teknik Kelautan terdiri dari matrikulasi, mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, serta tesis. Minimal total SKS yang harus diambil untuk menyelesaikan program Magister Teknik Kelautan adalah sebesar 36 SKS. Mata kuliah wajib yang harus diselesaikan sebesar 27 SKS (termasuk Tesis: 6 SKS), sedangkan mata kuliah pilihan yang harus diambil minimal sebesar 9 SKS, dan mengikuti matrikulasi (non-SKS).

 

Pembelajaran di Program Studi Magister Teknik Kelautan dilaksanakan dalam 1,5 semester dengan materi pembelajaran yang mencakup materi-materi teknik kelautan secara umum, diantaranya :

  • Metodologi Penelitian
  • Hidrodinamika Laut
  • Sistem Konversi Energi Laut
  • Ekonomi dan Bisnis Maritim
  • Pengelolaan Wilayah Laut dan Pesisir
  • Analisis Data Teknik Kelautan

Selain itu, Program Studi Magister Teknik Kelautan juga memberikan materi pembelajaran terkait minat, yaitu :

  • Rekayasa Kelautan
  • Oseanografi
  • Perikanan


Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!