JALUR MASUK

 

Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT dilakukan melalui 6 (enam) jalur, yaitu: Jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK), Jalur Reguler, Jalur Beasiswa, Jalur Anak Kandung TNI AL/PNS AL dan Pegawai Tetap Yasnal-UHT Aktif/Purna, Anggota TNI AL/PNS AL dan Pegawai Tetap Yasnal-UHT Aktif, Jalur Kartu Indonesia Pintar, dan Jalur Pindahan.

1. Jalur PMDK

     Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK merupakan program khusus untuk siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun pelajaran 2020/2021 yang akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya dimana peserta diseleksi tanpa tes akademik. Peserta tetap wajib memenuhi persyaratan khusus sesuai persyaratan program studi. Peserta boleh memilih satu sampai dengan tiga program studi.

2. Jalur Reguler

     Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Reguler merupakan program yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi jalur ini. Peserta boleh memilih satu sampai dengan tiga program studi.

 3. Jalur Beasiswa

a) Beasiswa Keluarga Tidak Mampu, yaitu Penerimaan Mahasiswa Baru program kepedulian Universitas Hang Tuah terhadap calon mahasiswa kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang baik dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi jalur ini. Peserta boleh memilih satu sampai dengan tiga program studi.

b) Beasiswa Prestasi Akademik dan Penalaran, yaitu Penerimaan Mahasiswa Baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik baik dan memiliki prestasi sebagai juara 1/2/3 Olimpiade MIPA/Bahasa Inggris/sejenisnya pada tingkat Internasional, Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam dengan surat rekomendasi sekolah dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi jalur ini. Peserta boleh memilih satu sampai dengan tiga program studi.

c) Beasiswa Prestasi Olah Raga/Seni, yaitu Penerimaan Mahasiswa Baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi sebagai juara I/II/III pada turnamen olahraga/seni tingkat Internasional, Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam dengan surat rekomendasi sekolah dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi jalur ini. Peserta boleh memilih satu sampai dengan tiga program studi.

     Mengenai ketentuan beasiswa dan persyaratan pendaftaran dapat dilihat dalam tabel penerimaan mahasiswa baru jalur beasiswa. Untuk FK dan FKG tidak menyelenggarakan program beasiswa.

 4. Jalur Anak Kandung TNI AL/PNS AL dan Pegawai Tetap Yasnal-UHT       Aktif/Purna, Anggota TNI AL/PNS AL dan Pegawai Tetap Yasnal-UHT Aktif

     Merupakan Penerimaan Mahasiswa Baru program khusus berupa bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa anak kandung TNI AL/PNS AL dan pegawai tetap Yasnal-UHT aktif/purna, anggota TNI AL/PNS AL dan Pegawai Tetap Yasnal-UHT aktif. Peserta boleh memilih satu sampai dengan tiga program studi. Mengenai ketentuan bantuan dan persyaratan pendaftaran diatur tersendiri dengan Telegram KASAL/Keputusan Ketua Pengurus Yayasan Nala.

 5. Jalur KIP Kuliah (Kemendikbud)

     Merupakan Penerimaan Mahasiswa Baru dalam rangka melaksanakan program unggulan pemerintah berupa bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan pada program studi di Universitas Hang Tuah. Peserta boleh memilih satu sampai dengan dua program studi.

 6. Jalur Pindahan

     Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Pindahan dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa dari program studi Perguruan Tinggi lain yang berminat untuk menyelesaikan pendidikan di program studi yang sama di Universitas Hang Tuah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada administrasi pendidikan tinggi sesuai dengan Peraturan Akademik Universitas Hang Tuah.

 

Catatan: Pilihan pertama di dalam proses registrasi awal, menjadi prioritas utama dalam mengikuti materi ujian masuk.

20 Januari 2021, 06:23:02
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!